Mesti Tahu, Ini 3 Penyebab Busi Motor Bermasalah, Yuk Dicegah Bradsis!

Mesti Tahu, Ini 3 Penyebab Busi Motor Bermasalah, Yuk Dicegah Bradsis!

Mesti Tahu, Ini 3 Penyebab Busi Motor Bermasalah, Yuk Dicegah Bradsis!-WMS-

Busi yang tidak terpasang dengan benar bisa menyebabkan kebocoran tekanan kompresi atau bahkan merusak ulir di kepala silinder.

“Kalau kita berbicara mengenai Busi, ini merupakan komponen kecil namun krusial dan bisa mempengaruhi performa sepeda motor,” ujar Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati.

“Banyak penyebab daripada busi sering kali mati, mulai dari klep bocor, ring piston lemah sampai dengan bisa diakibatkan karena pemasangan yang kurang pas. Maka dari itu, dihimbau pada para pengguna sepeda motor harus seringkali memperhatikan kondisi busi,” jelasnya. 

BACA JUGA:Prediksi Rider Moto2 yang Bakal Tampil di MotoGP 2025

BACA JUGA:Manajer Tim Monster Yamaha Buka Kelebihan dan Kekurangan YZR-M1 di MotoGP 2024

Cek Rutin dan Servis Berkala Hindarkan Busi Mati

Ada hal yang perlu diperhatikan jika busi sepeda motor mati, salah satunya adalah dengan cek rutin kondisi dan melakukan perawatan secara berkala. 

Tidak hanya sampai disitu, perlu juga diperhatikan kondisi klep, melakukan penggantian ring piston (jika diperlukan) sampai pemasangan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Menjaga kondisi busi juga tidaklah susah, jika busi ingin selalu dalam kondisi yang prima lakukan secara rutin dan berkala pengecekan setiap 5.000km hingga 10.000km atau sesuai dengan petunjuk manual sepeda motor.

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Rajai 'Race of Champions' Ducati

BACA JUGA:Banyak Wildcard Bikin Kejutan di Race-1 ARRC Mandalika 2024

Bersihkan kerak pada busi dengan menggunakan sikat kawat atau alat pembersih busi yang sesuai atau bisa juga dnegan lakukan penggantian busi sesuai dengan jadwal yang dianjurkan.

“Merawat busi dengan baik akan memastikan kendaraan Anda selalu siap untuk digunakan. Jika ada masalah dengan busi secara terus menerus, segera kunjungi bengkel resmi AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau bisa juga dengan memanfaatkan layanan booking service melalui aplikasi Wanda untuk kemudahan dan kenyamanan servis sepeda motor Honda,” tutup pria yang akriab disapa Wahyu.

Jadwalkan servis sepeda motor Honda ke bengkel resmi AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), atau bisa juga memanfaatkan layanan booking service dengan aplikasi garapan Wahana Honda yang diberi nama Wanda yang memudahkan dan tidak perlu antre.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya