Pentingnya Pahami Fungsi Kampas Kopling Pada Motor Bebek dan Sport

Pentingnya Pahami Fungsi Kampas Kopling Pada Motor Bebek dan Sport

Suzuki Satria F115 Young Star-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kopling adalah salah satu komponen penting pada mesin motor manual seperti jenis bebek dan sport.

Fungsinya adalah untuk memutuskan dan menghubungkan mesin dengan transmisi, sehingga tenaga putaran mesin dapat diteruskan ke gigi utama dan akhirnya ke roda belakang.

Salah satu bagian dari kopling adalah kampas kopling, yang biasanya terletak di bagian dalam mesin sebelah kanan. kampas kopling memiliki peran vital dalam kinerja motor.

Fungsinya adalah untuk memutuskan dan menyalurkan tenaga putaran mesin dari poros engkol ke transmisi, yang kemudian membuat roda belakang berputar.

BACA JUGA:Fabio Di Giannantonio Lanjut di Pertamina Enduro VR46, Bakal Geber GP25 Musim Depan

Terdapat dua jenis kopling, yaitu kopling otomatis dan kopling manual, yang dibedakan oleh cara kerjanya.

Pada kopling otomatis, gaya sentrifugal digunakan untuk menyalurkan tenaga tergantung pada putaran mesin.

Posisi susunan kampas kopling dan plat kopling akan rapat ketika motor mulai digas, sehingga tenaga dapat diteruskan ke transmisi hingga mencapai roda belakang.

Sedangkan pada kopling manual, susunan kampas kopling dan plat kopling lebih rapat, sehingga cara kerjanya ditentukan oleh pengendara.

BACA JUGA:Cardo Packtalk Pro Meluncur di Indonesia, Fitur Makin Canggih dari Generasi Sebelumnya

Jika handel kopling ditekan, kampas dan plaAt akan merenggang, sehingga tenaga dari mesin ke transmisi terputus, dan motor tidak dapat melaju.

Dengan demikian, fungsi kampas kopling pada mesin motor manual sangat crucial dalam menyalurkan tenaga putaran mesin ke roda belakang.

Kopling memainkan peran penting dalam menjaga kinerja motor agar dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Oleh karena itu, penting untuk merawat dan memeriksa kampas kopling secara berkala agar motor selalu dalam kondisi optimal.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya