Ini Sebab Oli Bisa Keluar Dari Mesin Motor

Ini Sebab Oli Bisa Keluar Dari Mesin Motor

Waktu yang Pas Untuk Servis Motor Honda, Wahana Lagi Bagi Promo Kemerdekaan, Nih Bradsis!-WMS-

JAKARTA, MOTOREXERTZ.COM - Salah satu komponen penting pada mesin motor adalah sistem pelumasan yang menggunakan minyak pelumas atau oli. 

Oli berfungsi untuk melumasi berbagai bagian dalam mesin agar dapat beroperasi dengan lancar dan mengurangi gesekan antarbagian yang bergerak.

Pernafasan mesin adalah proses di mana uap dan gas yang dihasilkan oleh mesin motor dilepaskan ke lingkungan sekitar.

Pada mesin motor yang menggunakan sistem pelumasan dengan tekanan positif, biasanya terdapat selang pernafasan yang terhubung ke bagian atas blok mesin atau penutup kepala silinder. 

BACA JUGA:Sudah Seminggu Lebih Harga Pertamax Naik, Cek Perbandingan Harga Kompetitornya

Selang ini bertujuan mengalirkan uap dan gas yang terbentuk di dalam mesin, termasuk uap oli, kembali ke saluran pembuangan atau ke dalam sistem pembakaran untuk dibakar.

Namun, jika oli keluar dari selang pernafasan mesin motor, ini menjadi pertanda adanya masalah pada sistem pelumasan atau kondisi mesin yang perlu diperhatikan. 

Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan oli keluar dari selang pernafasan motor antara lain:

1. Kotoran Menumpuk

Jika ada penumpukan kotoran atau endapan dalam sistem pelumasan, terutama pada katup PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang berfungsi mengatur aliran uap dan gas dari mesin, maka selang pernafasan dapat tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam mesin dan akhirnya oli dapat keluar melalui selang tersebut.

BACA JUGA:Intip Yuk Spek Moge Murah India, Hero Mavrick 440 Basisnya Harley Davidson!

2. Kelebihan Tekanan 

Jika terdapat peningkatan tekanan di dalam mesin, misalnya akibat ketidakseimbangan tekanan pada sistem pelumasan, maka oli dapat terdorong keluar melalui selang pernafasan.

3. Pelampung Oli Rusak

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya