Statistik dan Tonggak Pencapaian Musim Bersejarah di MotoGP 2023

Statistik dan Tonggak Pencapaian Musim Bersejarah di MotoGP 2023

BACA JUGA:Prosedur Balik Nama Motor Sangat Mudah, Pelajari Caranya Disini

GP Prancis: Le Mans memecahkan rekor kehadiran penonton sepanjang masa MotoGP™. Total sebanyak 278,805 penggemar memenuhi tribune sepanjang akhir pekan balap Grand Prix.

GP Italia: Bagnaia jadi pembalap pertama yang menorehkan “Grand Slam” (pole position, lap tercepat, memimpin di setiap lap dan memenangi balapan) sejak kali terakhir melakukannya di GP Spanyol 2022.

GP Jerman: Tercatat 233.196 penonton, yang merupakan jumlah terbesar di Sachsenring. Ini menjadikan GP Jerman sebagai event olahraga tunggal yang paling banyak dihadiri fans di Jerman.

GP Belanda: Bagnaia raih kemenangan MotoGP™ ke-15, sekaligus samai pencapaian Andrea Dovizioso di urutan ketiga dalam daftar pembalap Italia dengan kemenangan kelas premier terbanyak. Valentino Rossi memimpin (89), mengungguli Giacomo Agostini (68).

GP Inggris: Aleix Espargaro jadi pemenang berbeda kesembilan dalam sembilan balapan terakhir MotoGP™ yang digelar di Silverstone, setelah Lorenzo (2013), Marquez (2014), Rossi (2015), Vinales (2016), Dovizioso (2017), Rins (2019), Quartararo (2021) serta Bagnaia (2022).

BACA JUGA:Begini Cara Balik Nama BPKB Motor, Sangat Mudah!

David Alonso meraih kemenangan perdananya di Moto3™, menjadi pembalap Kolombia pertama yang menang balapan Grand Prix. Kolombia jadi negara berbeda ke-13 yang menang di kelas ringan (ke-30 dalam balap GP).

GP Austria: Bagnaia memenangi perlombaan GP untuk menjadi pembalap Italia tersukses ketiga di kelas premier.

Ini juga merupakan podiumnya yang ke-50 dalam kariernya di Grand Prix. Pecco juga catatkan “Grand Slam”: pole position, lap tercepat dalam balapan Sprint dan GP, serta torehkan kemenangan ganda.

GP Catalunya: Aleix Espargaro raih kemenangan ketiganya di MotoGP™, serta kemenangan ketiga di GP dalam kariernya, usai memenangi GP Argentina 2022 dan GP Inggris 2023.

Ini merupakan kemenangan ketiga Aprilia dalam kelas premier.

BACA JUGA:Begini Cara Balik Nama BPKB Motor, Sangat Mudah!

GP San Marino: Sejarah ditorehkan wildcard KTM dan Legenda MotoGP™, Dani Pedrosa. Finis P4 adalah hasil terbaik untuk wildcard dalam balapan kering di seluruh era MotoGP™. Hasil serupa lainnya terjadi dalam kondisi basah, ketika Akira Ryo naik podium di Suzuka 2002, dan rekan wildcard, Shinichi Ito finis P4, serta Michele Pirro keempat pada 2018, juga dalam balapan basah.

GP India: Bezzecchi meraih “Grand Slam” pertamanya. Pembalap lainnya adalah Bagnaia yang melakukannya pada 2023. Bahkan sebanyak dua kali, yakni di Italia dan Austria.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya