Ini Cara Mudah Menjaga Kondisi Pengereman Motor

Ini Cara Mudah Menjaga Kondisi Pengereman Motor

--https://www.astra-honda.com/product/super-cub-c125

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Karena sistem pengereman merupakan bagian yang sangat vital dan dapat berhubungan langsung dengan keselamatan Anda saat berkendara, maka perawatannya juga perlu diperhatikan.

 

Dengan memperhatikan pentingnya sistem pengereman pada sepeda motor dalam menjaga keamanan berkendara, berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan:

 

1. Pengecekan dan Pembersihan Kampas Rem Secara Rutin

 

Pengecekan kampas rem atau minyak rem perlu dilakukan secara rutin, baik secara mandiri ataupun saat melakukan servis berkala sesuai dengan rekomendasi yang diberikan.

 

BACA JUGA:Sempat Duel Sengit, Fermin Aldeguer Mendominasi di Moto2 Jerman!

 

BACA JUGA:Collin Veijer Rebut Pole Position Pertamanya di Kualifikasi Moto3 Jerman 2024

 

Jika kondisi kampas rem masih baik, Anda bisa membersihkan sisa-sisa kotoran pada sistem pengereman menggunakan brake cleaner atau air bersih.

 

Pastikan membersihkan kotoran seperti pasir, debu, atau benda lain yang menempel terutama di area alur kampas rem agar tekanan pada kampas rem tetap merata untuk menjaga performa sepeda motor tetap optimal.

 

Waktu penggantian kampas rem bergantung pada kondisi pemakaian sepeda motor.

 

Indikator penggantian kampas rem bisa dilihat dari bunyi gesekan saat menggunakan rem atau tuas rem yang terasa lebih dalam dari biasanya, hal ini menunjukkan bahwa kampas rem sudah mulai aus dan perlu segera diganti.

 

BACA JUGA:Jorge Martin Kuasai Kualifikasi MotoGP Jerman 2024

 

BACA JUGA:Beli Motor Listrik United E-Motor Makin Gampang, Kini Disokong 4 Leasing

 

2. Perhatikan Jarak Kampas Rem dengan Cakram

 

Pastikan kampas rem memiliki jarak yang cukup dengan cakram agar terhindar dari gesekan yang berlebihan antara kedua komponen tersebut meskipun tuas rem tidak digunakan.

 

Gesekan berlebihan antara cakram dan kampas rem dapat membuat keduanya aus dengan cepat sehingga dapat mengakibatkan pengereman tidak berfungsi dengan optimal.

 

3. Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem

 

BACA JUGA:Kenali Nih, Honda CB350RS yang Siap Saingi Royal Enfield 350

 

Untuk memastikan kinerja pengereman tetap optimal, pastikan volume minyak rem dalam tabung reservoir berada dalam batas normal, bersih, dan tidak tercemar.

 

Dengan kondisi minyak rem yang baik, tekanan pada sistem pengereman akan lebih optimal, kampas rem akan lebih awet, dan konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih efisien.

 

Ganti minyak rem sesuai dengan rekomendasi buku petunjuk penggunaan, umumnya setiap 24.000 km atau setiap 2 tahun sekali. Namun, frekuensi penggantian bisa disesuaikan dengan kondisi penggunaan sepeda motor.

 

4. Gunakan Komponen Berkualitas dan Terstandarisasi

 

BACA JUGA:Suzuki Burgman Street 125EX Naik Harga, Segini Harga Barunya

 

Penting untuk menggunakan komponen pengereman yang sudah teruji kualitasnya oleh pabrikan sepeda motor. Hindari penggunaan komponen rem yang palsu, karena dapat mempengaruhi performa pengereman sepeda motor secara negatif.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya