Ini Kelebihan Petal Disc Brake Dibanding Rem Cakram Biasa

Ini Kelebihan Petal Disc Brake Dibanding Rem Cakram Biasa

Disc petal-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Beberapa motor keluaran terbaru saat ini menggunakan piringan cakram model bergelombang, atau sering dinamakan dengan sebutan petal disc brake.

Lalu apa sih perbedaan dan kelebihannya dibanding rem cakram biasa?

Dilansir dari situs Suzuki Indonesia, setidaknya ada 4 kelebihan pemakaian cakram model petal disc ini dibanding cakram biasa yang berbentuk bulat solid.

Berikut adalah kelebihannya:

BACA JUGA:Ducati DesertX Discovery Jadi Tipe Terkomplet, Cocok Lawan BMW GS

BACA JUGA:Bakal Ada Lebih Dari 120 Perusahaan di Industri Pendukung Otomotif yang Ikutan GIIAS 2024

1. Dari segi penampilan model petal disk terlihat mampu meningkatkan sisi estetika komponen rem menjadi terlihat lebih keren.

2. Bentuk yang bergelombang pada petal disc mampu menarik udara lebih banyak masuk ke bagian dalam kaliper piston rem, sehingga bisa membantu pendinginan permukaan cakram yang terkena gesekan menjadi lebih cepat.

Sebagai informasi, permukaan cakram merupakan bagian terluar mesin yang paling banyak menerima tekanan panas berlebih, terutama kalau sering melakukan pengereman dengan durasi yang lama.

3. Secara bobot, piringan cakram model petal disc lebih ringan jika dibandingkan dengan cakram biasa dengan ukuran diameter yang sama.

BACA JUGA:Viral Beli Motor Baru Online, Siang Checkout Sore Udah di Depan Rumah

BACA JUGA:TVS Callisto 110 Punya Warna Baru, Makin Segar dan Skena Banget, Harga Tetap Bradsis!

4. Feel pengereman mirip ABS. Karena area permukaan disk yang punya desain bergelombang, maka kadang kanvas menerima gesekan area cakram yang luas dan berganti bergesekan dengan area yang lebih kecil karena bentuk gelombang tadi.

Ketika pengereman momen gesekan ini terjadi berulang-ulang, efek yang dirasakan akan sangat mirip dengan seperti sistem kerja rem ABS. Itulah beberapa kelebihan petal disc brake ketimbang rem cakram biasa. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya