Mau Cuci Steam Motor Listrik Honda EM1 e:? Perhatikan Hal Ini

Mau Cuci Steam Motor Listrik Honda EM1 e:? Perhatikan Hal Ini

Cuci Steam Motor Listrik Honda-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Jasa cuci steam motor terbilang sangat dibutuhkan bagi pengguna motor yang ingin menghemat tenaga dalam membersihkan motornya. Namun apakah motor listrik boleh dicuci steam?

Nah, ternyata motor listrik seperti Honda EM1 e: masih boleh kok dicuci steam. Tapi ada hal-hal yang patut diperhatikan saat membawanya ke tukang cuci steam.

Sehingga setelah dicuci, motor akan terlihat bersih, tapi tak mendapat masalah. Ini yang coba dijelaskan oleh Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang beberapa waktu lalu.

"Pencucian motor steam masih boleh. Tapi tidak boleh kecepatan bawah dengan tinggi. Kalau mau cuci steam dengan tekanan tinggi, lebih baik baterai dicopot saja," jelasnya.

BACA JUGA:YECVT di Yamaha NMax Turbo Beda Sama YCC-AT di Yamaha Majesty 250, Lebih Indonesia

BACA JUGA:Intip Jeroan YECVT Yamaha NMax Turbo, Tanpa Roller dan V-Belt Makin Lebar

Komponen baterai ini jangankan dicuci, terkena basah saja bisa berakibat fatal.

"Kan berhubungan dengan sistem listriknya karena di bagian atas baterai ada komponen yang menyalurkan daya dari baterai ke sistem penggerak di motor," katanya.

Kalau motor listrik lain, bagian soket baterainya ada di dasar portnya. "Kalau ini (Honda EM1 e:) nggak, baterai masuk, dikunci baru kuncinya tadi yang akan mengangkat setrum," ucapnya.

Makanya lebih aman, kalau mau cuci steam, baterainya diangkat dulu. Tapi kami tak menyarankan cuci steam dengan tekanan sangat tinggi. Lalu jangan juga dibuka joknya saat mencuci.

BACA JUGA:Superbike Legendaris Ducati 916 Masuki Usia Ke-30, Bakal Dirayakan Besar-Besaran!

BACA JUGA:Bedah Detail Mesin Yamaha NMAX TURBO, Banyak Juga Bedanya!

Untuk membersihkan bagian baterai, cukup dilap kering. Jangan sampai ada basah atau air. Karena akan membuat korsleting dan merusak baterainya. Bahkan untuk memegang baterai pun, pihaknya mewanti-wanti untuk tidak dilakukan dengan tangan basah.

Ini karena banyak komponen berbahaya dan bisa menyetrum dengan daya 50,26 volt dari Honda Mobile Power Pack.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya