Mitos Atau Fakta Mengecas HP Pada Charger Motor Dapat Membuat Aki Soak?

Mitos Atau Fakta Mengecas HP Pada Charger Motor Dapat Membuat Aki Soak?

Mitos Atau Fakta Mengecas HP Pada Smart Charger Dapat Membuat Aki Soak? Yuk Kita Bahas--istimewa

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM - Inovasi dan teknologi terus berkembang di dunia otomotif,  dan selalu memunculkan  sesuatu yang baru, yang membuat pengendara merasa tambah nyaman selama berkendara.

Salah satu kemudahan itu adalah munculnya power charger pada  beberapa tipe sepeda motor.

Tentu tujuannya untuk mendukung kebutuhan riders saat berkendara dan tidak perlu  merasa khawatir mengalami lowbat pada gadget di tengah berkendara.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa mengisi daya baterai ponsel melalui power output motor akan menyebabkan aki menjadi soak atau tekor? Benarkah?

BACA JUGA:Beredar Paten Motor Honda NX125RX, Pertanda Bakal Masuk ke Indonesia?

Sejatinya output untuk pengisian daya ponsel tidak akan berpengaruh terhadap usia accumulator selama mesin masih tetap menyala. 

Namun, berbeda jika melakukan pengisian daya baterai pada saat mesin motor mati.

Jika kondisi mesin mati, penggunaan arus untuk mengisi baterai ponsel memang bisa mengurangi arus pada aki.

Meskipun tidak berpengaruh sepenuhnya terhadap aki, sebaiknya tidak terbiasa mengisi daya baterai ponsel menggunakan power output yang tersedia di motor. 

Hal ini dikarenakan output power yang dikeluarkan oleh daya aki  motor sering tidak stabil, dan ini  malah akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai ponsel, bukan pada aki.

BACA JUGA:Honda Vario 125 2024 Tampil Segar di Malaysia, Ada Warna Hitam-Pink

Output yang dikeluarkan tidak stabil, dikhawatirkan bisa menurunkan kemampuan baterai HP.

Kalaupun memang terpaksa menggunakan pengisian menggunakan output  bisa saja dilakukan, tetapi sebaiknya tidak terlalu sering atau jangan dijadikan sebagai kebiasaan.

Jika output listrik yang dikeluarkan sesuai dengan spesifikasi daya yang dibutuhkan oleh ponsel, hal tersebut menjadi tidak masalah. Tetap jangan biasakan mengisi daya baterai menggunakan power output. Lebih baik mengisi daya baterai di rest area atau tempat singgah lainnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya