Begini Alasan Yamaha dan Honda Kolaborasi Garap Motor Listrik Kelas-1 di Jepang

Begini Alasan Yamaha dan Honda Kolaborasi Garap Motor Listrik Kelas-1 di Jepang

Motor Listrik Honda EM1 e: Kawal Jakarta International Marathon 2024--Wahana Honda

JAKARTA, MOTOREXERTZ.COM - Yamaha dan Honda, dua raksasa otomotif Jepang yang sering terlihat bersaing ketat, kini malah bergandengan tangan untuk menghadirkan motor listrik di segmen Class-1.

Honda bakal menyuplai dua model motor listrik, Honda EM1 e: dan Honda Benly e: I, untuk dijual dengan logo Yamaha.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memasukkan motor listrik ke segmen pasar motor terbesar di Jepang, yang sangat populer untuk mobilitas pribadi maupun bisnis.

Menurut Undang-Undang Kendaraan Jalan Raya Jepang, Class-1 mencakup kendaraan dengan mesin 50 cc atau kurang, atau motor listrik dengan daya terukur 0,6 kW atau kurang.

BACA JUGA:TVS Indonesia Siap Hadirkan Motor Listrik Baru Tahun Ini

BACA JUGA: Tengok Empat Perbedaan 3 Varian TVS Ronin di Indonesia, Apa Saja?


Honda EM1e Plus-astra-honda.com-

"Untuk lebih mempopulerkan sepeda motor listrik di kategori Class-1 di Jepang, kedua perusahaan akan meningkatkan deretan produk dan terus mengatasi berbagai tantangan motor listrik seperti jarak tempuh, waktu pengecasan, performa dan biaya, karena kedua perusahaan berupaya berkontribusi pada realisasi masyarakat netral karbon," tulis Yamaha dan Honda dalam keterangan resmi mereka.

Benih kerja sama ini sebenarnya sudah ditanam sejak Oktober 2016, ketika Yamaha dan Honda mulai berdiskusi soal kemungkinan aliansi khusus untuk kategori Class-1.

Mereka ingin mengatasi tantangan masa depan, seperti pengetatan standar emisi dan keselamatan, serta mengejar elektrifikasi.

Pada 2019, kolaborasi mereka semakin erat dengan bergabungnya keduanya dalam konsorsium baterai tukar untuk motor listrik, bersama Kawasaki dan Suzuki.

BACA JUGA:Ada 10 Merek Motor di GIIAS 2024 Surabaya, Dibuka 28 Agustus Nanti

BACA JUGA:Produsen Motor Listrik Indonesia POLYTRON Jadi Sponsor Klub Italia Como 1907

Konsorsium ini bertujuan menciptakan standar spesifikasi baterai tukar dan sistem tukarnya, yang sudah diresmikan pada Maret 2021.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya