Tips Anti Begal Langsung dari Ahlinya Sob

Tips Anti Begal Langsung dari Ahlinya Sob

--https://nawacita.co/index.php/2022/07/02/driver-ojol-jadi-korban-begal-motor-sadis-di-surabaya/

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Begal selalu jadi kejahatan yang terbilang mengerikan bagi pemotor. Terutama para pengendara di malam hari.

 

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat, Joel Deksa Mastana, memberikan tips agar dapat terhindar dari aksi begal motor.

 

Dirinya menyebutkan pentingnya untuk menghindari pulang larut malam dan hindari melewati jalan yang sepi, karena begal biasanya memilih korbannya yang berjalan sendirian. Lalu pengguna motor disarankan untuk tetap waspada saat berkendara dan memperhatikan kondisi jalan.

 

Pelaku begal motor sering menyerang secara tiba-tiba dan bersama-sama dalam kelompok, seringkali membawa senjata tajam. Selain itu, disarankan agar pengguna motor tidak teriak dan berupaya untuk memacu motor jika sedang dikejar begal motor.

 

BACA JUGA:WSBK Siapkan Kelas Baru di 2026, Gantikan WSSP300

 

BACA JUGA:PRJ 2024: Kolaborasi Grand Filano x The Palace Jeweler, Bisa Dapat Pendant Edisi Terbatas Senilai Rp 27 Juta Gratis

 

Lebih baik mencari tempat yang ramai dan berhenti sejenak untuk membuat begal motor merasa takut dan pergi.  Setelah merasa aman, baru melanjutkan perjalanan.

Selain tips tersebut, penting juga untuk menjaga kebugaran tubuh dan kondisi motor dengan baik.

Perawatan rutin terhadap kondisi lampu, rem, klakson, dan ban motor sangat penting untuk keselamatan pengguna motor.  Penggunaan ban botak atau tanpa rem dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang fatal.

Joel menegaskan pentingnya untuk tidak pulang larut malam dengan kondisi motor yang tidak prima, hal ini dapat menghindari kemungkinan mogok atau mati lampu ditengah jalan.

Keselamatan selama perjalanan, termasuk menghindari begal motor, seharusnya dimulai dari diri sendiri.

Sebaiknya juga menitipkan motor di kantor polisi atau hotel untuk keamanan sementara. Pengguna motor dapat menggunakan jasa angkot atau ojek online sebagai alternatif transportasi untuk sampai ke rumah.

 

BACA JUGA:MotoGP vs WSBK: Bedanya Apa Aja Sih?

 

BACA JUGA:Dealer TVS di Tabanan Bali Resmi Dibuka


Dalam situasi yang darurat, seperti dikejar begal motor dan motor mogok mendadak, keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama. Menitipkan motor di tempat yang aman dan dapat diambil kembali keesokan harinya untuk diperbaiki adalah langkah yang bijaksana.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya