Yamaha NMax Turbo Punya Peranti Canggih, Masih Bisa Modif Kirian?

Yamaha NMax Turbo Punya Peranti Canggih, Masih Bisa Modif Kirian?

Modifikasi Yamaha NMax-Ilham-

CIBINONG, MOTOREXPERTZ.COM - Istilah 'manusia kan nggak ada puasnya' memang berlaku di berbagai sektor. Tak terkecuali dalam hal uprgade performa motor.

Nah, di motor-motor jenis skuter matik dikenal juga dengan modifikasi sektor CVT yang kerap disebut 'kirian'. Modifikasi yang dilakukan beragam. Mulai dari mengganti roller, per sentri, derajat puli hingga mengganti mangkok dan kampas gandanya.

Namun di Yamaha NMax Turbo ternyata ada beragam komponen yang telah berubah. Hal ini terkait hadirnya peranti elektronik yang menggantikan peran komponen mekanikal untuk menggerakkan roda belakang.


YECVT Yamaha NMax Turbo-Ilham-

Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX “TURBO” adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. 

BACA JUGA:Yamaha Masih Enggan Jual Moge di Indonesia, Ini Alasannya

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Meluncur, Bakal Ada Yamaha Aerox Turbo?

YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa sensor. Tapi apakah Yamaha NMax Turbo benar-benar tak bisa mengalami modifikasi kirian? 

Hal ini coba dijelaskan oleh Ferry Nurul Fajar, Service Educator PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Motorexpertz di Media Workshop yang berlangsung pada Jumat (21/6) di Dealer Yamaha Mekar Motor, Cibinong, Jawa Barat.

"Modif CVT itu kan tujuannya buat meningkatkan akselerasi atau mencari top speed. Dan itu nggak bisa didapatkan langsung dua-duanya. Nah, YECVT ini buat solusi dari kebutuhan itu," ucapnya.

Meski begitu, dirinya menyebutkan jika motor ini masih bisa dimodifikasi pada bagian CVT. Mulai dari setting Transmission Control Unit (TCU) yang mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU).

BACA JUGA:Intip Fitur-fitur Canggih Unggulan Suzuki Burgman Street 125 EX

BACA JUGA:Tahun Ketiga Gelar MotoGP, Mandalika Bakal Hadirkan Sensasi Berbeda

Setting TCU dapat dilakukan untuk mengatur reaksi perpindahan posisi V-belt. Selain itu, ada juga komponen bagian belakang CVT yang masih bisa disetting. Seperti kampas ganda dan mangkoknya. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya